Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak Usia Dini

KB TK Kreatif Primagama – Teknik Penyampaian
August 7, 2019
nitikan
Melatih motoric dengan kegiatan sederhana
August 13, 2019

Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak Usia Dini

kb-tk-kreatif-primagama-kentungan-2

kb-tk-kreatif-primagama-kentungan-1Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting untuk diberikan kepada anak.Untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkualitas. Maka penting sekali bagi orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak anaknya sedini mungkin.Tapi tidak melupakan pentingnya usia ideal anak masuk PAUD.

Perkembangan otak anak usia dini dimaksimalkan sebaik mungkin. Perlu diketahui bahwa pada usia dini, perkembangan otak anak justru sedang berlangsung begitu cepat dan orang tua harus mendukung proses ini agar kecerdasan anak bisa terbentuk maksimal.Masa ini dikenal dengan istilah masa emas atau golden Age, dimana otak anak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Usia Keemasan yakni usia antara 0-5 tahun. Usia ini merupakan usia yang mengalami perkembangan intelegensi yang paling optimal.Oleh karena itu usia keemasan adalah modal yang tak ternilai harganya untuk membina anak-anak bangsa.Dalam masa usia keemasan ini, anak-anak kita memasuki dunia pendidikan yang dikenal dengan Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) , Yang meliputi 1) Taman Penitipan Anak (TPA) mulai usia 3 bulan s/d 23 bulan 2) Kelompok Bermain (PG) mulai usia 2 s/d 4 thn, 3)  Taman Kanak-kanak antara 4/5 (TK.A) dan TK B usia 5/6  atau 6/7 tahun.

Usia Ideal anak masuk PAUD adalah berkisar antara 2 atau 3 tahun.Pada  usia ini anak dinilai sudah siap untuk menerima pendidikan dan bersosialisai dengan teman-teman di sekolah PAUD.Usia ini juga dinilai saat yang tepat untuk membentuk emosi anak.

Pendidikan si kecil tentu menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.  Sebab ini akan menjadi bekal bagi masa depannya kelak.memberikan pendidikan  terbaik adalah impian kebanyakan oang tua.Tidak hanya belajar semata, sekolah juga akan menjadi tempat bersosialisai bagi anak. Anak akan menghabiskan banyak waktunya di sekolah,termasuk pada usia emasnya dimana pertumbuhan dan perkembangannya sedang dalam masa terbaik.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sangat penting untuk menemukan sekolah yang paling tepat dan sesuai bagi anak.Pemilihan sekolah yang tepat diharapkan bisa membuat anak belajar dan bersosialisai dengan baik sehingga anak memiliki kecerdasan yang baik dan semakin meningkat dengan pertumbuhannya.

Setiap Orangtua pasti menginginkan agar anaknya sukses di masa depan bahkan sejak ia masuk prasekolah. Tugas kita sebagai orangtua adalah memastikan fondasi belajar anak sehingga ia siap menghadapi masa-masa sekolahnya.

Menyiapkan anak masuk prasekolah bukan sekedar membuatnya lancar menyebutkan angka atau warna,lebih dari itu, pastikan anak siap memasuki masa transisi untuk megenal dunia yang lebih luas selain anggota keluarganya di rumah.

 

 

FONDASI BELAJAR ANAK YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM MASUK PRASEKOLAH.

kb-tk-kreatif-primagama-kentungan-4Agar anak siap untuk memasuki pendidikan prasekolah,maka orangtua bisa menyiapkan hal hal berikut:

  1. Menyiapkan Kemandirian Anak

Pepatah mengatakan bahwa kegagalan adalah kunci keberhasilan.Oleh sebab itu biar anak belajar dari kesalahan yang dilakukan. Jangan terburu-buru membantunya saat anak melepas sepatunya sendiri,misalnya, beri anak waktu untuk mencoba sendiri, dan terus bimbing dia selalu.

Ketika masuk prasekolah, balita diharapkan sudah dapat melakukan tugas-tugassederhana seperti menyimpan tas atau mengikuti kegiatan di kelas tanpa perlu didampingi orangtua. Membiarkan anak melakukan tugas-tugas sederhana akan memupuk kemandiriannya.

  1. Lulus toliet- training

Setelah menyapih anak, Orangtua masih memiliki PR besar yaitu toilet training.Jika balita belum siap,jangan memaksanya, secara bertahap orang tua bisa mengajarinya dengan cara meminta anak mengatakan bila ingin buang air kecil atau air besar.Lalu lanjutkan dengan membawa anak menyelesaikan urusannya di toilet.

Ketika anak sudah bisa pergi ke toilet tanpa dibantu, ia akan merasa lebih nyaman,saat berada di sekolah.

  1. Bisa berkomunikasi dua arah

Berbiacara dan mendengarkan adalah fondasi belajar anak yang paling penting agar ia sukses di sekolah. Orangtua punya banyak kesempatan mengembangkan ketrampilan berbahasa anak.

Caranya adalah dengan membahas apa yang ada di sekitarnya atau meminta anak menceritakan perasaannya. Berdiskusi ketika makan malam keluarga juga dapat menambah kosakata anak.Juga bisa membacakan dongeng sebelum tidur  dan meminta anak untuk menceritakan ulang dongeng yang kita bacakan.

Pastikan juga anak memahami instruksi yang diberikan padanya.Mulailah dari instruksi sederhana hingga yang bertahap seperti “bereskan mainanmu nak, terus cuci tangan dan masuk ke kamar ya nak”

Dengan menguasai komunikasi dua arah, balita akan mudah berinteraksi denganguru dan teman-temannya di sekolah.

  1. Mau bersosialisai dengan orang lain.

Masuk prasekolah merupakan cara balita untuk berkenalan dengan dunia lebih luas selain anggota keluarga inti di rumah.

Ketika anak sudah bisa bermainbersama teman, entah main secraberdampingan atau main dalam kelompok,ia akan lebih mudah erasa nyaman di sekolah.

Jangan heran bila sekali balita masih suka merebut mainan temannya atau tidak bisa sabar menunggu giliran.Orangtua atau guru disekolah dapat mengingatkannya.

  1. Mendapatkan nutrisi yang cukup

Asupan nutrisi yang tepat untuk anak akan membantunya menyerap pelajaran yang diberikan disekolah.Pastikan anak selalu sarapan sebelum berangkat sekolah dan membawa bekal yang bergizi.

Jika orangtua sudah menyiapkan hal hal diatas akan membantu balita lebih siap lagi untuk memasuki dunia prasekolah dan orangtua tidak perlu khawatir cemas meninggalkan anak di sekolah.

 

 

TIPS MENCARI SEKOLAH BUAT ANAK USIA DINI

kb-tk-kreatif-primagama-kentungan-5     

Menjelang datangnya tahun pelajaran baru,Orangtua yang memiliki anak balita akan mulaisibuk memilih sekolah terbaik untuk anak tercinta. Ada beberapa orangtua memilih sekolahuntuk anak atas pertimbangan ikut teman, saudara dan lainnya.atas rekomendasii orang disekitarnya.

Ada juga orangtua memilih karena pertimbangan gedung dan fasilitas sekolah bagus.Bahkan tidak sedikit pula memilih sekolah anak mengikuti gengsi.Dan masih banyak alasan lain menjadi dasar orangtua memilih sekolah untuk anaknya.

Perlu diperhatikan, jangan sampai salah memilih sekolah sehingga membuat anak tidak nyamandan ‘mogok’ ditengah jalan ataumalah trauma sekolah.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Memberkan beberapa tips yang dapat menjadi acuanorangtua:

  1. Jarak tidak terlalu jauh.

Faktor utama dalam memilih sekolah untuk PAUD adalah jarak sekolah yang tidak terlalu jauh. Mengapa?  Jarak tempuh yang terlalu jauh bisa membuat anak kecil kelelahan di jalan.Rasa lelah itu bisa membuat anak tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah.

  1. Pembelajaran menyenangkan

Suasana belajar menyenangkan,tidak membosankan, dengan pola pembelajaran yang kreatif akan membuat anak senang belajar.Tidak kalah pentingnya adalah kepribadian guru-guru pengajarnya, Ramah,suka tersenyum dan baik hati membuat anak merasa nyaman,merasa di terima sehingga membuat mereka senang dan betah berada disekolah.

  1. Berpihak perkembangan anak

Pilih sekolah yang berpihak kepada perkembangan anak, yaitumelalui pendekatan pembelaran terpadu atau menyeluruh. Hal ini bisa dilihat dari metode dan kegiatan pembelajarannya apakah dapat merangsang perkembangan anak secara optimal.

Pendidikan anak yang holistik atau menyeluruh biasanya mencakup enam aspek perkembangan anak,yaitu moral agama, fisik motorik,kognitif, bahasa, sosial emosional anak dan seni. Semua itu penting untuk perkembangan anak ditahap awal.

  1. Penataan kelas atau lingkungan

Salah satu ciri aak adalah suka bergerak aktif,seperti berlari. Patikan penataan lingkungan mampu memberikan ruang gerak untuk anak. Tak hanya itu, pastikan pula penataan kelas mengasikkan dan aman bagi anak untuk belajar dan bermain.

  1. Program belajar

Tak kalah pentingnya dalam memilih sekolah untuk anak adalah dalam hal program belajar. Sebagai contoh, masa sekolah di TK dalah saat pertama bersosialisai,mencari teman, bersosialisasi dengan lingkungansekitar.Untuk itu pastikan program belajar di sekolah mampu memberi peluang bagi anak untuk bisa melakukan hal tersebut.

Pastikan juga terdapat program melatih kemandirian yang berguna bagi anak dimasa yang mendatang, seperti latihan ke toilet,memakai dan melepas sepatu sendiri, makan sendiri,dan banyak lagi

Pastikan juga dengan outdoor study atau kegiatan luar ruang,yaitu kegiatan belajar di luar sekolah yang sangat penting untuk belajar bersosialisasi dengan alam dan lingkungan baru.

Namun satu hal yang tidak boleh dilewatkan meski sudah melihat-lihat mempertimbangkan dari berbagai hal dan yakin dengan pilihan kita,yaitu menanyakan kepada anak. Sekolah mana yang menjadi keinginannya.Walaupun masih keci, anak perlu diajak biacara dan di dengarkan keinginannya. Ajak anak observasi  atau survey kesekolah.

Dengan melakukan survey langsung pada sekolah-sekolah pilihan orangtua. Cari tahu mengenai  apa saja program yang terdapat dalam sekolah,  fasilitas sekolah, misalnya seperti  kamar mandi,kantin, mungkin fasilitas antar jemput,dll.

Biasanya sekolah akan mengadakan Open House dan free trial untuk calon anak didik, dengan anak mengikuti  langsung kegiatan  tersebut bisa melihat apakah anak kita senang kepada sekolah dan bisa melihat minat anak tersebut

Demikian tips yang bisa diberikan kepada orangtua dalam memilih sekolah untuk anak usia dini.

 

 

Bunda Leny

Penulis :

Bunda Leni

Principal Sekolah Primagama Cabang Kentungan, Pemerhati Tumbuh Kembang Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *