PERAN OTAK SEBAGAI PENGENDALI KESEHATAN & KECERDASAAN

Lomba Mewarnai & Kolasi (3)
PRIMA KIDS BELAJAR MENCUCI TANGAN YANG BENAR
October 17, 2017
KEGIATAN FIELD TRIP KB TK KREATIF PRIMAGAMA
KEGIATAN FIELD TRIP KB TK KREATIF PRIMAGAMA CAB.NITIKAN
October 18, 2017
DSC_0023

Otak adalah suatu organ terpenting pada tubuh manusia yang merupakan pusat dari system saraf. Volume otak berkisar 1.350 cc dan mempunyai 100 juta sel saraf atau neuron untuk menunjang fungsinya. Otak terletak di dalam kepala, dan mempunyai beberapa fungsi, yaitu :
• Sebagai pusat regulasi sebagian tindakan yang dialami
• Sebagai pusat pengatur organ-organ tubuh (misalnya mengatur kerja jantung, hati, dan lain-lain)

Otak merupakan pengendali tubuh. Jika seseorang memiliki otak yang sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh. Namun sebaliknya, jika otak seseorang dalam kondisi yang tidak sehat, maka itu merupakan penyebab dari segala masalah pada tubuh.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa otak merupakan organ terpenting di dalam tubuh manusia. Tanpa otak, manusia tidak bisa hidup dan berkembang. Hal ini terbukti dengan fungsi otak yang sangat sacral bagi tubuh. Berikut fungsi-fungsi otak manusia, yaitu :

Sebagai pusat regulasi untuk melakukan aktivitas atau bergerak, kognisi, mampu membuat perencanaan, mampu menyelesaikan masalah, memberikan penilaian, merangsang kreativitas pada manusia, mengontrol perasaan, mengontrol perilaku yang berhubungan dengan seksual dan juga mampu berbahasa secara umum

• Sebagai alat sensor terhadap perasaan misalnya adalah tertekan, tekanan, merespon sentuhan dan menghasilkan rasa sakit.
• Sebagai alat untuk menerjemahkan verbal sehingga seseorang mampu mendengar, mampu menangkap dan memaknai informasi dan mampu menangkap bahasa dalam bentuk suara.
• Sebagai pusat masuknya informasi visual untuk deiterjemahkan dalam bentuk penglihatan yang sesuai dengan aslinya.
• Sebagai pusat pengatur gerakan koordinasi antar otot tubuh dan pengaturan keseimbangan, sehingga seseorang akan dapat bergerak sebagai mana mestinya dan tidak terjatuh.
• Berfungsi dalam penerjemahan visual manusia, seperti menggerakkan bola mata, membesarkan atau mengecilkan pupil mata (sesuai cahaya yang masuk), dan juga mengatur gerakan tubuh manusia.
• Melakukan pengontrolan terhadap fungsi otomatis otak, seperti mengatur detak jantung, mengatur sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh manusia, mengatur pernafasan dan juga mengatur sistem pencernaan manusia.
• Sebagai penjaga tubuh baik dalam keadaan tertidur atau terjaga.
• menghasilkan perasaan, pengaturan emosi, pengaturan produksi hormon seperti fungsi hormon testosteron, memelihara homeostasis, menciptakan rasa haus, menciptakan rasa lapar, menciptakan keinginan tentang seks, merangsang perasaan untuk senang, mengatur metabolisme tubuh dan juga mengatur memori jangka panjang manusia.

Karena sangat pentingnya Fungsi otak terhadap tubuh manausia, KB TK Kreatif Primagama Cab. Kentungan mengadakan Smart Parenting Dengan Tema “Peran Otak sebagai Pengendali Kesehatan & Kecerdasaan” kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2017 dengan menghadirkan nara sumber yang telah berpengalaman dalam bidang kesehatan specialis nutrisi Otak Manusia dan ahli Farmakologi (DR Irfan Buchari PhD)

< Kegiatan ini di hadiri lebih dari 100 peserta selain mengenalkan pentingnya peran otak sebagai pengendali kesehatan & kecerdasaan, KB TK Kreatif Primagama Cab. Kentungan juga memberikan beberapa fasilitas kepada peserta Smart Perenting berupa Vocer Sekolah Priagama, Voucer Diskon DMI dan fasilitas Free Trial kepada para peserta yang mempunayai anak usia PAUD. Hal ini membuat antusias para peserta dan tak kalah kerennya pada kegiatan ini menampilkan perfomce dari siswa/siswi KB TK Kreatif Primagama Cab. Kentungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *