Expert Arrival “Anak Kratif Suka Minum Jamu Tradisional”

one-stop-parenting-being-the-best-mom
ONE STOP PARENTING “Being The Best Mom”
April 13, 2017
Gathering APC & PPC KB Kreatif Primagama Magelang
Info Undangan Gathering APC & PPC KB Kreatif Primagama Magelang
April 27, 2017

Expert Arrival “Anak Kratif Suka Minum Jamu Tradisional”

DSC_0089

DSC_0047Dalam rangka memperingati Hari Kartini KB TK Kreatif Primagama Cabang Nitikan mempraktekkan membuat jamu tradisional. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan kepada anak bahwa banyak profesi yang ditekuni oleh seorang ibu tanpa harus meninggalkan tanggung jawabnya menjadi ibu rumah tangga, selain itu juga menumbuhkan jiwa  entrepreneurship bagi anak didik di sekolah. Salah satunya dengan mendatangkan seorang tokoh yang berprofesi membuat jamu selama 4 tahun. Keahlian ini didapat dari warisan turun temurun orang tua yang sudah lebih lama menjalani profesi sebagai penjual jamu. Saat ini ibu Awit sudah mempunyai 4 cabang khususnya di daerah Jogjakarta.

Ibu Awit memandu anak-anak untuk mempraktekkan secara langsung DSC_0080dalam membuat jamu. Ada beberapa jamu yang dibuat Antara lain jamu beras kencur, jamu kunir asem, jamu temulawak. Sebelum membuat jamu anak-anak diperkenalkan dengan bahan-bahan jamu. Misalnya seperti apa kunir, temulawak beras dan kencur. Reaksi anak-anak ketika mencium bahan-bahan jamu sangat mengesankan. Ada yang lari, ada yang langsung membuang bahannya dan lain-lain. Tetapi setelah Ibu Awit mengajak untuk meracik sendiri rasa penasaran dan rasa ingin mencoba sudah langsung membuat anak-anak berubah antusias.

DSC_0089Acara ini sangat menarik untuk menanamkan kecintaan anak terhadap warisan leluhur, dengan perkembangan zaman membuat anak-anak mulai meninggalkan budaya nusantara. Di akhir kegiatan ini anak-anak wajib mencoba jamu yang dibuat meskipun ada beberapa jamu yang mempunyai rasa yang pahit. Kegiatan ini dipandu oleh bunda Risma dan mengingatkan kembali bahwa perjuangan seorang Kartini dalam memperjuangkan Hak-haknya untuk bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *